Penyebab HP Cepat Panas dan Solusinya

18 Januari 2023 By salatigacell Off

Wajar jika ponsel mengeluarkan panas, namun jika ponsel terasa sangat panas disertai baterai cepat habis, penting untuk mengetahui penyebabnya. HP yang cepat panas menandakan ada masalah dengan ponsel Anda. Entah itu cara pakai, baterai, atau kondisi perangkat lunak yang berlebihan pada ponsel adalah penyebab paling umum dari panas berlebih pada HP.

Sebagai pengguna, kita harus bisa menggunakan teknologi ini dengan baik dan bijak. Jangan terlalu memaksakan penggunaan ponsel, karena hal ini justru bisa berdampak buruk pada gadget kita. Dengan mengetahui penyebabnya bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasinya.

salah satu penyebah hp cepat panas adalah pemakaian non stop seperti bermain game

Penyebab suhu HP meningkat

Berikut beberapa sebab umum yang menyebabkan Hp cepat panas:

  1. Lingkungan yang Panas
    Salah satu penyebab HP overheat adalah karena terlalu lama terpapar sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya. Jenis overheating ini bisa menjadi masalah serius. Panas langsung seperti ini bisa sangat merusak komponen internal ponsel, mempengaruhi masa pakai baterai, memperlambat kinerja, bahkan merusak layar ponsel.
  2. Layar Terlalu Terang
    Penyebab hp overheat selanjutnya adalah layar yang terlalu terang. Menyetel kecerahan layar dapat memengaruhi prosesor dan membuat baterai cepat terkuras. Anda dapat mencoba mengaktifkan kecerahan otomatis yang dapat menentukan seberapa terang layar yang dibutuhkan dalam setiap situasi.
  3. Sinyal Tidak Stabil
    Tidak hanya wifi, sinyal data seluler yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab ponsel cepat panas dan baterai cepat habis. Hal ini karena ketika sinyal tidak stabil, perangkat akan membuat ponsel mencari sinyal terus menerus. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mematikan data seluler saat berada di lokasi dengan sinyal buruk.
  4. Sinkronisasi Otomatis Aplikasi dan Data
    Penyebab lain dari ponsel yang terlalu panas secara tak terduga adalah proses sinkronisasi otomatis di berbagai aplikasi. Mencadangkan foto atau menyinkronkan aplikasi secara otomatis mungkin merupakan ide bagus untuk keamanan penyimpanan. Namun, proses sinkronisasi yang terlalu sering dapat menguras baterai dan kinerja ponsel.
  5. OS yang belum diperbarui
    OS atau sistem operasi yang tidak segera diperbarui dapat menjadi penyebab ponsel terlalu panas. Ini karena pembaruan OS sebenarnya dapat menambahkan perbaikan untuk bug yang dapat memengaruhi kinerja baterai secara lebih efektif. Jika tidak diperbarui, perangkat akan lebih lambat dan lebih panas.

Solusi dan Tips biar tidak cepat panas

  • Periksa Kondisi Baterai HP
    Periksa kondisi baterai yang Anda gunakan pada ponsel Anda. Jika ternyata kondisi saat daya baterai turun drastis, ponsel mati mendadak sebagai gejala baterai drop, bisa dipastikan masalah panas yang terjadi pada ponsel Android Anda berasal dari baterai yang tidak berfungsi. Satu-satunya cara adalah mengganti baterai dengan yang baru.
  • Terlalu Banyak Aplikasi Aktif
    Namun jika tidak ada tanda-tanda gejala seperti di atas berarti baterai masih berfungsi normal, hanya saja ponsel Anda mengalami overruns dalam menjalankan fungsi-fungsi aplikasi yang terpasang di dalamnya. Jika hal itu terjadi maka istirahatkan saja ponsel Anda dengan mematikannya selama 30 menit hingga 1 jam jika perlu.
  • Periksa Koneksi Jaringan Penyedia Seluler Yang Anda Gunakan
    Kestabilan koneksi jaringan provider juga menjadi salah satu penyebab panas pada ponsel Anda. Pilih penyedia jaringan seluler yang sinyalnya stabil di wilayah Anda tersebut. Karena ketidakstabilan koneksi jaringan penyedia seluler, perangkat seluler akan terus menjalankan fungsi pencarian sinyal dari penyedia jaringan seluler.
  • Jangan Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya Baterai
    Menggunakan handphone saat charging akan membuat kinerja baterai handphone sangat meningkat pesat sehingga menimbulkan panas pada handphone anda.
  • Hindari Menggunakan Terlalu Lama
    Banyak orang memiliki kebiasaan menggunakan perangkat dalam waktu yang lama tanpa jeda baik untuk keperluan menelepon atau bermain game atau yang lainnya. Ini harus Anda hindari jika Anda ingin menghentikan perangkat Anda dari namanya kepanasan. Apalagi saat Anda menggunakan ponsel saat mengisi daya akan membuat perangkat Anda lebih cepat panas. Saat kamu sedang bermain game, perangkat keras akan bekerja lebih keras untuk memprosesnya dan itu pasti akan membuat suhu smartphone naik.

Artikel terkait:

Tips Ngecas HP yang Aman